JANGAN SEBUT PERUSAK ALAM SEBAGAI BUDAYAWAN

Merubah Dunia Dari sesuatu yang kecil


Lihatlah Ilustrasi diatas 

MAH buang disini saja ya?? Sepi koq
Sudah menjadi kebiasaan manusia modern untuk sesuatu yang praktis dan simple bahkan ini sudah menjadi budaya.  Mengapa penulis membuat judul “merubah dunia dari sesuatu yang kecil” karena alasanya adalah budaya kita untuk membuang sampah sembarangan sangat kuat, selain dampak yang cukup buruk bagi keindahan kota, membuang sampah sembarangan juga sangat merugikan, walaupun sudah ada petugas yang membersihkan sampah, namun membuang sampah sembarangan tidak bisa dibenarkan. Memang ini sudah menjadi budaya manusia, walaupun sudah disediakan tempat sampah disudut-sudut kota, namun orang masih saja enggan untuk disiplin membuang sampah pada tempatnya.

Apa itu budaya ?
Pengertian budaya yang lebih lengkap, budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbada budaya dan menyesuiakan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari. Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia. Dan orang yang ahli dibidang budaya disebut BUDAYAWAN.

Pertanyaanya adalah apakah orang yang ahli dalam budaya membuang sampah disebut juga budayawan??? Tentunya tidak walaupun membuang sampah sembarangan termasuk budaya manusia, namun ini tidak masuk dalam kriteria budaya kearifan lokal. Membuang sampah adalah kebiasaan orang yang belum disiplin dalam menghargai lingkungan. Sedangkan seorang budayawan adalah orang yang menjaga kebaikan budaya, kesenian dan kearifan lokal. Pembuang sampah seharusnya lebih bisa menghargai linkungan dan sadar bahwa lingkungan ini bukan milik kita sendiri. Lebih taat dalam aturan. Toh ini juga akan berpengaruh pada lingkunganya sendiri.

Nah pesan moralnya adalah, mulailah mengubah dunia dari sesuatu yang kecil yaitu dari diri kita sendiri, tanpa melihat orang lain dulu. Setelah kita selesai dengan diri kita sendiri barulah kita berusaha untuk mengingatkan orang disekitar kita agar menjadi jaringal luas memberikan pengertian bahwa membuang sampah sembarangan itu sangatlah tidak baik. Mulailah berfikir dampak yang ditimbulkan dari membuang smpah sembarangan, Jangan mengandalkan pemerintah dalam pengelolaan sampah. Tapi andalkan diri kita sendiri untuk disiplin dalam mengurus masalah sampah. Bukan maksud untk menggurui tapi penulis sebenarnya juga msih belum begitu disiplin dalam membuang smpah, namun sebagai langkah perubahan saya pun berusaha untuk merubah budaya membuang sampah sembarangan, agar lingkungan tetap terjaga.

JANGAN SEBUT PERUSAK ALAM SEBAGAI BUDAYAWAN.

 

Terima kasih telah berkunjung


UMARUDDIN ZUHRI
11105540027


1 comment:

  1. HP Laptops Produce Reliable and Enhanced Mobility You Might also like
    Today’s age is the age of information. HP Laptops

    So many things and often everything are done by way of information technology. This is happened with latest computers and especially laptops play a major role in the majority of sectors. From school students to college guys to university fellows laptops are seen everywhere. It is good to handle and easy to carry. So it has been gaining immense popularity in every sector. From doctors to engineers to other working professionals, when the time to choice personal computer, most of the people prefers a good laptop. http://hplaptop.co/


    laptop computer repair

    hplaptop.co

    HP Elite-book 820 G1 Core i5-4200U Laptop Price in Pakistan

    dell laptop computer costs

    pink laptop computer

    ReplyDelete