Tentang film the Croods

Belajar dari Film The Croods

The Croods ialah sebuah film animasi komputer 3D bercerita tentang petualangan-komedi asal Amerika Serikat yang diproduksi oleh DreamWorks Animation dan didistribusikan oleh 20th Century Fox. Film ini menampilkan para pengisi suara seperti Nicolas Cage, Emma Stone, Ryan Reynolds, Catherine Keener, Clark Duke, dan Cloris Leachman. Film ini mengambil latar waktu pada sebuah zaman pra-sejarah fiksi Pliocene yang dikenal sebagai ‘The Croodaceous’. Yaitu sebuah periode kehidupan makhluk-makhluk fantasi, saat manusia mengambil posisi sebagai "Pemimpin Perburuan" terancam oleh kedatangan seorang jenius pra-sejarah yang membawa penemuan baru nan revoliusioner, seperti api, yang mereka temukan setelah mengalami hal-hal berbahaya di tanah yang eksotis dalam sebuah perjalanan mencari tempat tinggal baru.

Film ini banyak mengajarkan hal tentang hidup manusia di masa pra sejarah, dari film ini kita belajar untuk mempunyai kehidupan yang terbuka, manusia tentunya harus terbuka dalam perkembangan, orang yang hidup di zona nyaman akan tertinggal jauh dari orang yang berani menerima tantangan hidup. dicuplik dari cerita ini banyak mengisahkan tentang kekolotan orang tua terhadap anak-anaknya, membatasi anak-anaknya dari segala perubahan yang membuat sang anak yaitu Eep semakin besar rasa ingin tahunya terhadap dunia luar. Banyak pelajaran penting yang bisa kita ambil dari film tersebut, Dunia baru belum tentu menjadi buruk seperti yang dibayangkan oleh sang ayah yang bernama Grug, semua tergantung bagaimana cara kita beradaptasi dengan kehidupan baru dan tatanan dunia baru.

Dari segi sosial kita bisa mngambil pelajaran, dengan berkehidupan sosial kita bisa saling bertukar informasi dan mendapatkan hal-hal baru di dunia ini, kehidupan bersosial mendorong manusia untuk terbuka dengan perubahan, semakin sempit kehidupan sosial kita terhadap masyarakat semakin sempit pula yang kita dapat didunia ini.Dari pelajaran diatas seharusnya kita sebagai manusia modern harus lebih terbuka dengan perubahan dan mulai untuk mengejar ketertinggalan kita terhadap perubahan, karena dunia ini akan terus berubah dan semakin maju maka seharusnya kita terus belajar untuk mengeksplore diri kita seluas mungkin untuk mendapatkan ilmu baru dan pengalaman-pengalaman baru dalam hidup.

Ditinjau dari karakter tokoh :

Grug :
Dia adalah seorang ayah yang penyayang selalu hidup berhati-hati tapi kolot sulit untuk menerima perubahan meskipun diakhir cerita dia akhirnya mau menerima bahwa kekuatan fisik bukan segalanya namun kekuatan otaklah yang seharusnya digunakan agar manusia itu lebih manusiawi.

Ugga:
Dia adalah seorang ibu yang sangat menyayangi anak-anaknya meskipun kolot namun Ugga lebih cepat bisa beradaptasi dengan perubahan, Seperti kebanyakan ibu-ibu lainya Ugga lebih bisa percaya pada keputusan anaknya, karena dia sadar suatu saat anaknya pun akan hidup dan mempunyai keluarga sendiri.

Eep :
Dia adalah remaja anak dari Grug dan Ugga, sama seperti pada umumnya remaja saat ini selalu mempunyai rasa ingin tahu yang sangat tinggi, yang mendorong dia untuk terus berusaha mencapi impian-impianya. Sama halnya dengan remaja moderen, Eep selalu mengikuti kata hatinya dan tidak berfikir panjang dalam segala hal.

Sedangkan Thunk, Gran, dan Sandy adalah tokoh tambahan yang menghiasi film tersebut pelengkap yang membuat keluarga Croods lebih hidup. 

Guy :
Guy adalah seorang remaja yang punya imajinasi tinggi dan mempunyai ide-ide cemerlang, remaja bijak yang selalu menggunakan otak ketimbang menggunakan otot dalam bertahan hidup. Ini seharusnya mengisnpirasi remaja saat ini yang lemah terhadap perubahan, dari tokoh Guy kita harus belajar bahwa semuanya sangat mungkin kalau kita bisa beradaptasi dan menciptakan ide-ide baru, dari impian kita bisa mendapatkan inspirasi. Selalu optimis dan tangkas dalam menghdapi hidup.

Intinya Ialah :
Dalam hidup kita harus tetap optimis, terbuka dengan perubahan, jangan menutup diri dari perubahan, berubah kerah lebih baik itu adalah hal penting yang harus kita lakukan dalam hidup. Dengan terbuka dengan perubahan kita akan banyak menemukan hal baru yang mungkin belum pernah kita temukan sebelumnya. Dunia ini butuh perubahan dan pemikiran-pemikiran baru agar tercipta pengetahuan baru dan untuk kemajuan teknologi. Jangan menjadi pengikut saja, tapi jadilah seorang pelopor dalam perubahan.
Sekian terima kasih telah berkunjung

             Salam Hormat,


      Umaruddin Zuhri

             11105540027



No comments